Sabtu, 07 Oktober 2017

Ujian

Kemarin di sekitaran magrib. Lupa sebelum atau sesudah. Saya buka beranda rumah (baca:blog) dan menemukan kutipan update dari tumblr Maryam. Saya tentu saja terperanjat membaca tulisan yang tak lain dan tak bukan adalah repost-an saya yang ini.

Bukan hanya karena saya membaca kembali tulisan saya. Saya lebih terperanjat melihat waktu tulisan itu dibuat. Sudah sepekan. Tidak terasa. Dan saya kembali bertanya-tanya kemajuan apa yang sudah saya buat sejak tulisan itu saya buat. Karena kemarin saya ingat persis kejadiannya dan perasaan kesal pada pagi itu. Kesal dan kecewa pada diri sendiri yang berujung terlintas kalimat-kalimat doa itu.

Dulu mentor saya di SXI Badr pernah bilang soal ujian. Pernah saya pos di sini. Intinya, Allah nggak akan berhenti menguji kita sampai kita lulus dari ujian itu. Pekan lalu bisa jadi saya merasakan salah satu peak dari apa yang saya sebut sebagai ujian ulang. Ujian yang saya sangat tidak berharap terjadi lagi tapi Allah beri. Saya kira yang dulu itu, setelah sekian lama prosesnya, saya sudah lolos. Tapi ternyata belum :")

Tadi saya kembali kepikiran. Waktunya sama-sama sekitaran magrib. Bedanya malam ini hujan.
Dalam hidup, ada orang-orang yang ketemu kita sebagai ujian. Ujian apapun. Kesabaran, mengalahkan rasa takut, ketaatan pada pemimpin, percaya pada orang lain, perasaan, respect, menumbuhkan empati, dan lain sebagainya. Ada banyak ragam. Yang kita perlu berusaha untuk bisa memosisikan diri menerima setiap orang dengan porsi yang cukup. Saya sebut yang cukup dengan mengingat aturan Allah sebagi bentengnya.

Lalu tiba-tiba saya merasa terhenyak.
Vice versa.
Maka bisa jadi-sangat boleh jadi, bahkan- saya juga menjadi ujian bagi orang lain. Ujian dalam banyak hal.
Bukankah kita pernah belajar hukum aksi-reaksi?
Dan banyak hal yang terjadi pada kita, adalah respon balik atas hal yang kita lakukan sebelumnya. Lalu terkait ujian yang saya rasakan itu tadi saya merefleksi. Berapa banyak andil saya turut ambil bagian dalam persoalan yang pada akhirnya jadi saya alami sendiri...?
Kemudian randomly jadi berpikir ulang dan terpikir juga case ini;
Berapa banyak saya belajar dan menahan diri untuk tidak menjadi bagian dari ujian orang lain....?


Hei, Kamu tahu? Sifat buruk bisa jadi ujian. Tapi baik pun bisa jadi ujian.
Bisakah kita sama-sama tidak menjadi ujian bagi yang lainnya?


Rumah, 7102017
*tanggalnya bisa dibaca dari depan dan belakang

masih banyak pr-nya. mohon kuatkan, ya Allah .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar